Di ruang Interaktif Center (IC) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga telah dipenuhi oleh peserta seminar. Saat itu sekitar pukul 09.00 WIB pada 6 November 2014 diadakan seminar bagi mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi. Pembicara seminar kali ini adalah seorang praktisi dari sebuah perusahaan farmasi yang memproduksi vaksin dan antisera milik pemerintah yang berada di kota Bandung yaitu PT Biofarma. Praktisi yang tidak diragukan kredibilitasnya dalam memberikan kontribusi terhadap perusahaan di bidang komunikasi dan Public Relations (PR) ini yaitu N.Nurlaela Arief, MBA, MIPR.
"Reputation, Social Responsibility and Corporate Sustainability", itulah garis besar yang disampaikan dalam seminar ini. Sebelum trend dengan istilah 'coorporate communication', Humas kemudian PR istilahnya lebih awal dikenal sebelumnya di Indonesia. Dalam perjalanannya, suatu perusahaan banyak menemui berbagai masalah, krisis, maupun dihadapkan persaingan dengan perusahaan lainnya. Dalam menghadapi hal itu perlu dengan meningkatkan Coorporate Social Responsibility (CSR) sebagai kunci utama utama untuk memenangkan persaingan. Inti dari CSR yaitu memberikan kebaikan dari perusahaan untuk lingkungan sekitar.
"Sekarang ini seorang PR tak hanya berkutat sekadar soal citra, tapi juga reputasi seperti behaviour dan performance (outlook) yaitu bagaimana what they talk about us. Bukan dilihat dari luarnya tapi melihat kompetensi, attitude, reputasi yaitu behaviour dan performance sehingga menetukan apakah seorang PR mampu bekerja ataukah tidak," tutur praktisi yang kerap disapa teh Lala ini.
Public Relations merupakan salah satu konsentrasi yang akan diambil oleh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga pada semester empat. Oleh karena itu kehadiran dari berbagai praktisi di bidang komunikasi sangat ditunggu oleh mahasiswa yang akan mengambil konsentrasi PR ataukah advertising nantinya. Mahasiswa semester tiga khususnya, sedang mencari jatidiri atau passionnya sehingga wawasan dan inspirasi dari berbagai praktisi menjadi sangat berarti dalam proses ini.
Relasi antara prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dengan PT Biofarma diharapkan dapat semakin erat dan hangat, sehingga dapat saling berbagi dan menerima manfaat di antara kedua belah pihak.
-Public Relations Oriented (PRO) UIN Sunan Kalijaga-
*Etik Anjar Fitriarti
Home
»
Public Relations
» Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Menghadirkan Praktisi PR Biofarma
Jumat, 14 November 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar